Belajar Bikin Web – Bagian 1

Sebelumnya saya tegaskan kalo tulisan ini dibuat bukan untuk mengajari, tapi lebih kepada persiapan sharing knowledge di Perusahaan tempat saya bekerja sekarang. Tapi saya senang sekali jika ada yang terbantu atau dapat mengambil manfaat dari tulisan ini.

Langsung saja, secara garis besar, dalam membuat aplikasi web, kita harus menentukan format bentuk tampilan utama dulu. Dulu saya menggunakan frame untuk desain awal ini, tapi sekarang saya lebih suka menggunakan tabel.

Simplenya seperti ini:

Disini adalah bagian header

Ini adalah bagian isi/inti

 

Disini adalah bagian footer

kodenya sebagai barikut:

Kode di atas adalah kode html biasa. Memang sesimple ini kok bikin web.
Tapi web kalau hanya HTML saja, kurang begitu bermanfaat karena hasilnya adalah web statis. Tidak ada interaksi dengan user. Untuk menjadikannya dinamis, kita membutuhkan program (server side dan client side).
Sebelum ke server side, kita harus menyiapkan Environmentnya (PHP,MySQL,Apache)
Saya sarankan untuk menggunakan yg paling mudah yaitu appserv Download disini.
Bagi yang belum tau cara menginstall appserv, silakan lihat video tutorial berikut ini

Bagaimana? Mudah bukan?
Bersambung…

One thought on “Belajar Bikin Web – Bagian 1

Tinggalkan Balasan

